Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Toko di Tokopedia, Mudah dan Cepat

admin 0

Berjualan di e-commerce memang memberikan peluang yang lebih besar serta jangkauan pasar lebih luas. Salah satu e-commerce yang direkomendasikan untuk bisnis online adalah Tokopedia. Apabila Anda tertarik untuk memulai usaha, simak cara membuat toko di Tokopedia berikut ini.

tkp 1Download Aplikasi Tokopedia

Langkah pertama, silahkan download aplikasi Tokopedia di Google Play Store. Usahakan smartphone yang digunakan dibekali dengan sistem terbaru untuk performa maksimal. Selain itu, Anda akan terhindar dari forced close saat membuka aplikasi Tokopedia.

Apabila kondisi memang belum memadai menggunakan smartphone terbaru, Anda bisa mencari versi lama dari Tokopedia dari browser smartphone. Sesuaikan dengan kekuatan dan kapasitas perangkat yang dimiliki agar aplikasi dapat dijalankan dengan lancar.

Login ke Akun yang Sudah Terdaftar

Setelah aplikasi terdownload dan terinstal dengan sempurna, lanjutkan ke menu login. Apabila Anda belum memiliki akun Tokopedia, daftar terlebih dahulu agar toko online dapat segera dibuat. Ikuti semua panduan yang terdapat dalam aplikasi agar tidak melakukan kesalahan.

Jika sudah memiliki akun aktif, segera masuk ke dalam aplikasi Tokopedia. Masukkan email/username sesuai dengan data yang Anda gunakan saat pendaftaran. Masukkan juga password akun Anda sebagai syarat untuk bisa login dengan sempurna.

Cari Menu Akun Toko

Cara membuat toko di Tokopedia selanjutnya yaitu masuk ke dalam pengaturan akun. Cari bagian Akun Toko, kemudian tunggu sampai masuk ke halaman berikutnya. Anda akan diarahkan ke menu buka toko. Tekan pada bagian “buka toko gratis” untuk memulai proses registrasi.

Apabila mengalami kesulitan saat masuk ke dalam aplikasi atau menu tersebut, coba periksa koneksi internet Anda. Jaringan internet yang tidak stabil seringkali menghilangkan ikon pada menu aplikasi sehingga cukup membingungkan.

Masukkan Nama & Identitas Toko

Setelah memasuki halaman baru, isikan semua kolom yang tersedia dan sesuaikan dengan panduan di dalamnya. Para pengguna akan diminta sejumlah data seperti; nama toko, alamat toko, domain toko, dan lain sebagainya.

Perlu diingat bahwa nama toko hanya berlaku satu kali saja dan tidak bisa diubah lagi. Oleh karenanya, pastikan Anda menuliskan nama toko dengan benar dan sesuai dengan keinginan sebelumnya. Isikan pula alamat lengkap toko Anda sebagai titik penjemputan barang nantinya.

Pada kolom domain, buatlah link sesingkat mungkin dan mudah diingat oleh para pelanggan. Misalnya nama toko adalah Berkah Sayur, maka isikan domain dengan tokopedia.com/berkahsayur. Domain tersebut cukup penting sebagai branding toko Anda kedepannya.

Periksa Email Terdaftar

Apabila semua tahapan di atas sudah terselesaikan dengan baik, maka toko Anda dipastikan sudah selesai dibuat. Biasanya, pihak Tokopedia akan mengkonfirmasi data yang sudah dimasukkan melalui email akun terdaftar.

Periksa kotak masuk email Anda guna memastikan proses registrasi terselesaikan secara sempurna. Pada email yang dikirimkan, biasanya akan disertai dengan link verifikasi untuk menyelesaikan registrasi. Anda cukup menekan link tersebut agar pembuatan toko bisa segera diselesaikan.

Tambahkan Produk Baru

Setelah toko Anda sudah jadi, segera masukkan produk yang akan dijual. Pastikan data pendukung seperti deskripsi produk, foto produk, dan rincian produk sudah disiapkan dengan baik. Dengan demikian, toko Anda siap digunakan untuk berjualan di Tokopedia.

Cara membuat toko di Tokopedia di atas merupakan langkah awal dalam memulai usaha Anda. Lakukan berbagai analisa dan pengamatan mengenai trend pasar untuk memperoleh keuntungan maksimal. Selain itu, buatlah ciri khas yang melekat serta mudah diingat oleh para pelanggan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.