Cara Memulihkan Cadangan WA di Google Drive dan Lokal

distridaytone.com

Cara Memulihkan Cadangan WA di Google Drive dan Lokal

distridaytone.com

WhatsApp merupakan salah satu platform pengirim pesan populer. Untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada para penggunanya, WA pun dilengkapi dengan fitur pencadangan pesan yang bisa dipulihkan lagi. Berikut beberapa cara memulihkan cadangan WA yang mudah untuk diterapkan.

Cara Memulihkan Cadangan di Google Drive

Supaya pesan yang terhapus bisa kembali, riwayat chat harus sering Anda cadangkan. Pencadangan yang paling umum dilakukan para pengguna WA yaitu melalui Google Drive. Berikut beberapa cara memulihkan cadangan chat di Google Drive.

Hapus dan Pasang Lagi Aplikasi WhatsApp

Untuk memulihkan cadangan di Google Drive, silahkan Anda hapus dan pasang lagi aplikasi WhatsApp. Setelah aplikasi berhasil dipasang, lakukan verifikasi nomor yang Anda gunakan sebelumnya.

Ketuk Pulihkan

Jika verifikasi nomor telepon berhasil, Anda akan diminta untuk memulihkan chat dan semua media yang tersimpan di Google Drive. Pada bagian ini, ketuk Pulihkan supaya bisa mengembalikan riwayat chat.

Ketuk Lanjut

Untuk bisa masuk ke proses inisialisasi, Anda perlu menekan menu Lanjut. Jika proses inisialisasi telah selesai, layar HP akan menampilkan riwayat chat Anda. Kemudian, jika riwayat chat telah pulih, WA akan memulihkan semua media yang tersimpan di Google Drive.

Cara Memulihkan Cadangan di File Lokal

Apabila WA Anda tidak dicadangkan di Google Drive, maka secara otomatis semua pesan dan media akan tersimpan di file lokal. Bagi Anda yang ingin memulihkan cadangan WA di file lokal, berikut ini langkah-langkahnya.

Buka Aplikasi Manajer File

Cara memulihkan cadangan WA di file lokal yang pertama yaitu buka aplikasi manager file. Di sebagian HP, aplikasi ini mungkin memiliki penyebutan lain, misalnya penyimpanan file. Apapun namanya, silahkan bukan aplikasi tersebut.

Pilih Penyimpanan Lokal

Dalam aplikasi Manajer File, Anda akan menemukan dua macam tempat penyimpanan, yaitu internal dan eksternal. Penyimpanan internal merupakan penyimpanan lokal atau telepon, sedangkan eksternal merupakan kartu SD. Pada bagian ini, Anda pilih penyimpanan lokal.

Pilih WhatsApp

Kemudian, Anda pilih WhatsApp dan klik Database. Setelah itu, salin semua file cadangan terbaru yang ada di penyimpanan lokal ke folder Database.

Pasang Aplikasi WhatsApp

Selanjutnya, pasang kembali aplikasi WhatsApp yang sebelumnya sudah Anda hapus. Kemudian, lakukan verifikasi nomor telepon.

Ketuk Menu Pulihkan

Jika verifikasi telah berhasil, berikutnya klik Pulihkan. Pada tahapan ini, semua riwayat chat dan file yang Anda miliki akan dipulihkan dari cadangan lokal. Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.

Namun, perlu Anda ketahui, cadangan lokal ini hanya akan membuat file cadangan dalam 7 hari terakhir saja. Sedangkan untuk waktunya, pencadangan akan dimulai secara otomatis pada jam 2 dini hari.

Cara Memulihkan Cadangan Lama di File Lokal

Seperti yang sudah dijelaskan, cadangan lokal hanya akan membuat file cadangan dalam 7 hari terakhir. Lantas, bagaimana jika Anda ingin memulihkan cadangan yang sudah lebih dari 7 hari? Berikut cara memulihkan cadangan yang sudah lama di file lokal.

Buka Database

Hampir sama seperti memulihkan cadangan di file lokal, silahkan Anda buka Database WhatsApp. Caranya, buka Manajer File kemudian pilih penyimpanan lokal. Lalu, cari dan buka file WhatsApp. Pilih menu Database dan ubah nama file cadangan lama Anda.

Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Langkah berikutnya yaitu install ulang aplikasi WhatsApp. Jika aplikasi sudah terinstall, lakukan verifikasi nomor telepon.

Ketuk Pulihkan

Sama halnya dengan cara memulihkan cadangan sebelum-sebelumnya, klik Pulihkan jika verifikasi nomor sudah selesai. Kemudian, tunggu sampai proses pemulihan selesai dilakukan.

Untuk memulihkan cadangan WA sebenarnya tidak sulit. Akan tetapi, beberapa orang mungkin bingung dengan langkah-langkahnya karena tidak tahu betul bagaimana caranya. Untuk itu, sebelum melakukan pemulihan cadangan, baca dan pahami betul cara memulihkan cadangan WA tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *